Aci Dicolok



ACI DICOLOK

Kenal nama makanan ini? Aci Dicolok alias CiLok. Makanan Sunda yang khas terbuat dari bahan aci atau kanji atau sagu yang didalamnya berisi lemak stau gajih sapi. Pada masanya dulu, cilok merupakan makanan yang hampir selalu ada di setiap warung, terutama di warung sekolah SD. Yang pernah mengalami SD jaman dahulu seperti saya, sekitar tahun '80an pasti pernah merasakan nikmatnya cilok bumbu kacang yang pedas dan berminyak tapi mantap. Pasangan cilok adalah cireng atau Aci Digoreng. Saat ini cireng sudah menemui masa kejayaannya lagi dengan hadirnya cireng dengan bumbu rujak dan cireng isi dari Bandung. Cireng sudah dikenal luas diluar Tatar Sunda, dan banyak orang menikmatinya. Hal yang sama tidak temui dengan cilok. Kita hanya menemui cilok di pinggir jalan dengan roda dorongnya atau penjaja cilok yang keliling dengan sepedanya. Cilok masih menjadi makanan pinggiran, makanan kelas dua dan peminatnya dari kalangan dewasa pun hanya orang-orang yang ingin bernostalgia dengan masa kecilnya. Kalo dari kalangan anak kecil, sudah pasti....... Yah...cilok belum menemui masanya.....

Tapi......... sekarang ada cilok dengan penampilan terbaru. Cilok Instan yang bisa memanjakan lidah penggemarnya kapanpun dimanapun. Tinggal kukus atau rebus, ciloknya sudah siap santap. Dikemas dengan cara istimewa dan disimpan sebagai frozen food, menjadikan cilok ini awet hingga dua bulan. Cilok yang terbuat dari perpaduan bahan dengan kualitas baik, diolah tanpa menggunakan MSG dan bahan pengawet. Oleh karena itu, cilok harus keep frozen. Bumbu kacang yang gurih dan legit, terbuat dari kacang tanah terbaik. Anda penggemar cilok atau bukan, wajib mencobanya.

Mau tahu...kenapa kita membuat cilok yang istimewa ini? Mampir yah...ke

Senin, 11 Mei 2015

Resep Cilok

Membuat cilok sebenarnya mudah karena bahan yang diperlukan banyak di pasaran dan cara membuatnya pun relatif gampang. Bagi yang ingin merasakan cilok buatan rumah sendiri, silakan gunakan resep di bawah ini ya..... Resep ini merupakan best practice dari hasil trial n error selama eksperimen Cilok Mindo '45. Komposisi tepung aci/tapioka/sagu dengan tepung terigunya berbeda dengan komposisi resep cilok yang lain, sehingga menghasilkan cilok yang lebih lembut yang lebih user friendly terutama untuk anak-anak. Penggunaan aci/tapioka/sagu yang lebih dominan daripada tepung terigu menghasilkan cilok yang lebih kenyal dan alot. Terus terang, sebenarnya owner Cilok Mindo '45 lebih suka cilok yang full aci/tapioka/sagu karena sensasi kenyalnya luar biasa. Tapi, tuntutan pasar meminta cilok yang lebih lembut. Anda boleh berksperimen dengan berbagai macam komposisi sampai bertemu dengan komposisi yang pas menurut Anda sendiri. Selamat mencoba......

Bahan Cilok:
  • 150 gr tepung aci/tapioka/sagu
  • 200 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih goreng, 1/2 sdt bawang goreng, merica, garam+gula (semua dihaluskan)
  • abon sapi/keju/sayuran sesuai selera untuk isi
  • 100 gr kaldu ayam
  • bawang daun diiris tipis
  • air secukupnya untuk merebus cilok
Cara Membuat Jendol Cilok :
  1. Didihkan kaldu ayam, bawang putih+bawang merah+merica+garam yang sudah dihaluskan. 
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan tepung aci dan terigu, bawang daun garam lalu aduk hingga rata. Selanjutnya, masukkan air kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis sehingga bisa dibentuk. Jika adonan dirasa masih kurang air, silakan ditambahkan air mendidih biasa. Masukkan isian berupa abon/keju/sayuran, lalu dibentuk menjadi bulat-bulat.
  3. Didihkan air di dalam panci, masukkan bulatan adonan lalu masak hingga adonan mengapung. Tunggu beberapa saat agar adonan benar-benar matang, angkat cilok dan tiriskan.
Bahan Saus Kacang:
  • 150 gram kacang tanah disangrai
  • 5 buah cabe rawit merah digoreng
  • ½ gandul gula merah
  • 2 siung bawang putih goreng
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • 100 cc air
  • ebi, garam secukupnya 
  • 2 lembar daun jeruk, 1 lembar daun salam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 buah jeruk limau

Cara Membuat Saus Kacang :
    1. Haluskan kacang tanah, cabe rawit, ebi dan bawang putih.
    2. Tumis dengan sedikit minyak, masukkan bumbu kacang yang telah dihaluskan, air jeruk, daun salam dan daun jeruk, gula merah. Tuang air lalu beri garam secukupnya. Setelah mendidih, masukkan cilok dan aduk rata hingga tercampur rata dengan bumbu. Matikan api kompor, angkat dan cilok telah siap untuk dihidangkan.




    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar